Jumat, 12 Juni 2009

tentang dokter

kemaren pas kk, kak kika ngasih tau beberapa hal yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan untuk memilih dokter sebagai jalan hidup (ga usah lah dulu mikir mending lulus tes nya apa ngga, ini adalah keadaan pas udah kuliah kedokteran)

1. kuliah dokter itu lama. kuliah s1 5 tahun (udah termasuk co-ass), 1 tahun magang, 2 tahun ptt (paling lama). dan sebelum ptt, ada tenggang waktu nunggu dapet tempat ptt nya, paling lama nunggu 6 bulan. nganggur lah itu selama 6 bulan. jadi kalo ditotal2, jadi dokter umum membutuhkan proses selama 8 tahun. sekarang anggap lah gw lulus sma 18 tahun. 18+8 = 26 tahun, ITU BARU JADI DOKTER UMUM

2. sekarang kalo jadi dokter umum doang, kurang apa ya, kurang lah pokoknya, haha. jadi harus ambil spesialis. spesialis itu 2 tahun kalo ga salah. nah gw kan maunya kalo ga dokter anak ya dokter bedah jantung. dan ternyata, program spesialis dokter jantung itu adalah 9 tahun. yes, 9 tahun, ga salah baca kok. menurut gw sih itu lama ya, lama banget malah. tapi dokter jantung kan dibagi 2, pembuluh jantung sama bedah jantung. jadi ya bisa sih jadi dokter jantung ga dengan kuliah nambah 9 tahun.

oiya, katanya kak kika juga, kuliah spesialis (lupa deh spesialis apa) tuh uang pangkalnya 500 juta dengan jalur resmi. mahal beneeeeeeerrrrrr. trus gw mulai mengerucutkan niat buat jadi dokter anak aja. selain biaya kuliahnya ga semahal kuliah bedah jantung (katanya sih uang pangkal dan uang semesternya sama aja kayak kuliah dokter umum), waktunya juga ga selama itu. 2 tahun mungkin.

menilik fakta2 diatas, gw jadinya mulai berpikir lagi, gw terusin ga ya niat gw mau jadi dokter? tapi kalo ga jadi dokter, gw bener2 ga kepikiran apa apa lagi. engineering is a big no no for me, gw ga akan tahan dengan dunia teknik. jadi.......?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar